Skema Pemancar FM PLL Veronica

Aku hobby kotak-katik eletronik sejak SMP bukan sombong lho waktu SMP kelas 3 aku udah pernah buat pemancar 100 meteran dari tabung 6v6 untuk osilatornya sama final 12GB7 sampai-sampai TV tabung bekas kelaurga kakek aku ekspirement buat pemancar 100 meteran...hee...hee...hee. dan apalagi sejak ketemu sama pencinta elektronika dan Orari di sumedang aku makin giat aja memperdalam elektronika. Akhirnya jadi belajar deh elektronika terutama di bidang RF soalnya hobiku ngebrik di 2m band. Sekarang aku bisa menggunakan alat ukur SWR buat cek power dan matching antena. SWR yangg aku punya cuma Maldol MR 1000 lumayanlah daripada pinjem terus ma temen. Masalah ukur mengukur pake multitester udah lincah, dikursus kilat ma temen breaker yang kebetulan seorang teknisi radio secara langsung maupun lewat brik-brikan. Disinilah awal aku belajar bikin pemancar fm. Gak tanggung-tanggung langsung bikin yang pll. Pusing...deh...sebagai pemula nggak tau apa-apa, langsung disuruh praktek bikin pemancar fm pake pll. Skema dan layout pcbnya dikasih temen yg katanya hasil nanya ama mbah google. He...he...he... aku jadi ikutan rajin dolan di tempatnya mbah google, terus yang dicari pasti keywordnya "PEMANCAR FM" atau yang semua yang berhubungan dengan dunia pemancar. Cukup lama aku merakit pll veronica hampir 3 bulan. Gimana lagi? Harus ngumpulin duit dulu lah.......komponennya juga susah dicari. Dengan perjuangan dan semangat, akhirnya pemancar fm pll Veronica udah on air. Powernya cuma 1 watt, antena pake modifikasi antena 2m band husler vswrnya 1:1,1 kabel pake RG 8. Puas.....sekali...sbg pemula berhasil bikin pemancar fm buat muterin mp3 di frek 107.70 Mhz.

 
Gbr 1.1 PCB pemancar FM PLL Veronica 


Gbr 1.2 Skema Pemancar FM PLL Veronica

Posting Komentar

0 Komentar