Omni-DirectorialKali ini saya akan mempostingkan macam-macam jenis konektor antenna wireless yang sering kita gunakan dalam pembuatan ataupun pengiplementasian suatuantenna. Pesan saya buat yang sudah expert saya rasa tidak perlu membaca postingan ini. Hanya akan buang-buang waktu kamu. Tapi buat para newbie atau pemula, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Langsung aja ya. Berikut gambar dan sedikit penjelasan dari beberapa jenis konektor yang sering kita gunakan:
1. N Connector.
N-Female biasanya terdapat pada sebuah antennaspliterbooster, dll. Sedangkan N-Male biasanya terdapat pada sebuah pigtail (kabel jumper) agar dapat terhubung ke perangkat radio wireless.
N-MaleN-Female
N Connector
2. RP-SMA Connector.
RP-SMA Female biasanya terdapat pada perangkat radio wireless pada umumnya dan melekat pada badan radio bagian belakang sederet dengan port LAN atau WAN yang berfungsi sebagai penghubung antara antenna dengan perangkat radio wireless. Sedangakan RP-SMA Male Biasanya terdapat pada antenna omni rubber duck (antenna bawaan radio wireless) dan pada sebuah kabel pigtail (kabel jumper).
RP-SMA MaleRP-SMA  Female
RP-SMA Connector
3. RP-TNC Connector.
RP-TNC pada dasarnya berfungsi sama dengan N-Connector. Biasanya RP-TNC Female terdapat pada perangkat radio wireless merk dan tipe tertentu sepertisenaolinksys, dll.
RP-TNC MaleRP-TNC  Female
RP-TNC Connector
4. MC Connector.
Konektor ini biasanya digunakan/terdapat pada perangkat WLAN PCMCIA laptop (berbentuk papan yang di sisipkan di samping body laptop). Nah bagi yang punyaadapter wireless ini dan ingin menambahkan antenna external, silahkan gantikonektro RP-SMA pada pigtail antenna dengan konektor MC Male ini. Hanya sajaMC Connector ini agak sulit di temui di pasaran.
MC MaleMC Female
MC Connector
Sebenarnya masih banyak lagi konektor yang sering di gunakan pada perangkatradio wireless 2.4 GHz. Tapi mengingat topik artikel ini hanya yang“umumnya”saja ya berarti cukuplah ke-4 jenis konektor di atas.
Ok! good luck….! ;)